Yayasan Sabilul Haq

kekokohan Ukhuwah Islamiyah

Mutiara Hikmah dari Al-Qur’an dan Al-Hadits

 

Kenyataan yang memprihatinkan dalam kehidupan kaum muslimin sekarang ini, mereka terpuruk dari keberadaan ummat yang lain. Diantara sebabnya adalah hilangnya bentuk ukhuwah islamiyyah yang telah dipegangi para Salaf mereka.

Ikatan tali ukhuwah islamiyyah (persaudaraan diatas Islam) semakin tergilas dari kebidupan anak-anak kaum Muslimin. Mereka mengganti tali ukhuwwah ini dengan ikatan kebangsaan atau materialisme.

Padahal, dulu kaum muslimin mampu tampil sebagai sosok generasi yang mulia dan menguasai dunia timur dan barat tatkala ukhuwah islamiyyah ini menjadi tali ikatan yang kokoh diantara mereka.

يقول تعالى :

{إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ} [الحجرات:10]

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” [Al-Hujurat : 10]

يقرر تعالى الأخوة الإسلامية ويقصر المؤمنين عليها بين أفرادهم وعدم التساهل في ذلك
{وَاتَّقُوا اللَّـهَ} في ذلك فلا تتوانوا أو تتساهلوا حتى تسفك الدماء المؤمنة ويتصدع بنيان الإِيمان والإِسلام في دياره.
( تفسير أيسر التفاسير).

Allah menetapkan adanya Ukhuwah Islamiyyah (persaudaaran karena Islam) dan membatasi kaun mukminin diatasnya antar pribadi-pribadi mereka dan tidak boleh meremehkan dalam hal itu.
(Bertakwalah kepada Allah) !

Dalam hal itu, dan janganlah menyepelekan atau meremehkannya sehingga menumpahkan darahnya seorang mukmin dan mengoyak bangunan Iman dan Islam didalam negeri mereka sendiri
(Tafsir Aisarut Tafasir, Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairy)

Hikmah Qura’niyyah wa Nabawiyyah fid Din wad Dunya

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara, dan persaudaraan dalam Islam itu memiliki konsekuensi, yaitu untuk mendamaikan antara dua saudara kaum muslimin baik dalam lingkup kecil setingkat keluarga atau lingkup besar setingkat negara yang sedang bertikai.

Hanya dengan ukhuwah islamiyyah akan terjadi ikatan yang kuat dan datangnya rahmat Allah.
Ketakwaan kepada Allah itu diwujudkan dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala l;arangan-Nya, sehingga dengan hal itu ada harapan besar datangnya rahmat Allah dalam kehidupan kaum muslimin.

Ustadz Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

Facebook
WhatsApp
Telegram
Twitter

Artikel

Kisah Sufyan Bin Uyainah Dengan Anak Kecil

Dikisahkan suatu ketika Sufyan bin Uyainah rahimahullah (wafat 198H) menyampaikan pelajaran. Di sela-sela menyampaikan pelajaran ada anak kecil masuk, si anak membawa kertas dan tinta.

Nikmat Rasa Aman

Rasa aman adalah suatu nikmat. Coba kita perhatikan bagaimana jika kita hidup di lingkungan yang tidak aman. Misal, di sekitar kita banyak pemabuk. Malam hari

Menabung

Mari kita simak bersama kisah seorang ulama bahasa Arab bernama Imam Abu al-Abbas al-Mubarrid -rahimahullah-. Cerita berawal saat seorang penuntut ilmu yang bernama Abu Ishaq

Berita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *